Sunday, February 5, 2017

Cara Melatih Pukulan Ayam agar Keras dan Cepat


http://indojago168.blogspot.com/
Cara Melatih Pukulan Ayam agar Keras dan Cepat - Pukulan ayam yang cepat dan keras menjadi pilihan tersendiri bagi penghoby dan para bebotoh, karena pukulan cepat dan keras akan mengakibatkan pukulan lebih fatal sebab pukulan tersebut tidak bisa diantisipasi dari ayam bawah. 

Ayam aduan yang terkena pukulan cepat biasanya akan mudah kehilangan konsentrasi dalam bertarung. Adapun untuk melatih pukulan ayam aduan supaya cepat dan keras dapat melalui latihan - latihan khusus. Menurut bebotoh dikampung saya, yang biasa disebut abah Arif dan nama tersebut sudah dikenal dalam dunia perayaman dikampung saya. Dan alhasil,  baru- baru ini sempat saya temui beberapa hari yang lalu dan beliau sudah lama dan berpengalaman dalam memelihara ayam aduan, botoh tersebut mempunyai ayam bangkok asli dan bukan silangan dari ayam burma maupun ayam pakhoy. Ayam tersebut sudah berkali-kali menang hingga ada yang win 28 kali sebanyak 2ekor. Itulah yang membuat penasaran saya dan kemudian selang beberapa hari sana ada keinginan berkunjung kerumahnya dan allhamdulillah beliau ada di kediamannya dan kami berbincang bincang hingga sare hari. Ciri ayam beliau juga seperti ayam aduan pada umumnya, namun ayam tersebut mempunyai pukulan keras dan cepat.  Waktu saya tanya tentang perawatan dari ayamnya yang memiliki pukulan keras dan cepat  tersebut awalnya dia enggan memberikan penjelasan, namun setelah saya pancing-pancing, kemudian juga dia mau memberikan ilmunya tentang ayamnya yang mempunyai pukulan tersebut. "beliau berkata " Ayam aduan banyak sekali yang memiliki pukulan keras namun tidak banyak yang memiliki pukulan keras dan cepat;. Terus beliau juga berkata bahwa ayamnya yang mampu menangberkali-kali selain dari darah keturunan yang menangan ayam tersebut dirawat mulai dari remaja umur 8bulan dengan latihan. Adapun penjelasan dari beliau tentang latihan ayamnya dapat saya simpulkan sebagai berikut:

  • Ayam aduan diberi latihan khusus tiap 3kali dalam seminggu. Adapun cara melatihnya dilakukan dengan tangan kiri memegang dada ayam sedangkan tangan kanan memegang pangkal ekor dari ayam tersebut kemudian melempar ayam tersebur berkali-kali dengan tinggi lemparan sama dengan tinggi kepala ayam tersebut. Untuk tempat melemparnya ditempatkan di tanah yang empuk atau tanah yang dibasahi dengan air dengan tujuan ayam bisa latihan mencengkeram atau latihan kuda-kuda dan kaki ayam akan aman dari cidera. Ayam aduan yang dilatih seperti itu bagi ayam pemula dalam lemparan ke 20 biasanya ayam ayam tidak mampu berdiri karena pembentukan dari otot-otot paha yang mengencang. Dan jika ayam sudah terlihat kecapean sebaiknya ayam perlu di istirahatkan dulu dan di latih dua hari kemudian.
  • Latihan ayam seperti diatas tersebut dengan tujuan mempercepat pembentukan otot untuk memperberat dan mempercepat pukulan. Ciri ciri bahwa latihan itu sudah terlihat hasilnya apabila ayam sudah mampu dilempar sebanyak minimal 90 kali.
  • Jenis makanan ayam dalam masa latihan bisa diberi makanan pokok beras merah yang dicampur dengan telur mentah dan untuk merangsang pembentukan otot ayam diberi kaitong dengan dosis pagi satu butir sore satu butir.
  • Untuk menyempurnakan supaya memperoleh hasil maksimal, sebaiknya ayam di senamkan dengan tujuan supaya ayam tidak mengalami kekakuan pada otot, karena ayam yang kaku akan mengganggu kelincahannya.

Ayam aduan setelah mendapat latihan khusus seperti diatas dalam tempo 2bulan pukulan ayam tersebut akan terlihat bedanya dari ayam yang tidak diberi latihan seperti diatas. Ayam yang mendapatkan latihan seperti diatas mempunyai pukulan lebih berat dan lebih cepat namun memiliki tubuh yang padat seperti tubuh ayam yang berumur 2tahun. Dari latihan tersebut diatas juga sama dengan latihan ayam dengan cara diabar adu namun latihan tersebut untuk menghindari cidera/cacat karena ayam kebanyakan diabar.

Baca Juga Artikel :